Kamis, 11 Oktober 2012

10 Cara Menghindari Frustasi Saat Depresi




10 Cara Menghindari Frustasi Saat Depresi

Apa yang harus kita lakukan di saat kita sedang menghadapi permasalahan atau pu kegagalan? Bagaiman sebaiknya kita bersikap agar tidak frustasi?

Berikut, 10 tip untuk mencoba melihat sisi terang dibalik awan mendung:

  1. Sikap optimis merubakan pilihan, bukan bawaan dari lahir. Katakan pada diri sendiri bahwa kita mempunyai kebebasan untuk memandang setiap situasi negative dan mengambil sikap negative atau positif. Kalau kita katakana pada diri sendiri, jangan cemas, semuanya pasti akan membaik, maka hati kita akan jadi lebih tenang.
  1. Kita adalah manusia yang mempunyai akal budi yang berarti kita bisa belajar. Bisa menyusun rencana dan menentukan tujuan. Jika saya menentukan suatu tujuan, kalau bukan seluruhnya, setidaknya saya akan bisa mencapai sebagian dari tujuan itu.

  1. Kita tak pernah bisa mencegah terjadinya perubahan. Jika suatu saat saya harus kehilangan pekerjaan karena PHK, saya masih tetap bisa bersyukur dan bersikap optimistis karena tahun depan keadaan tak akan tetap sama seperti hari ini. Tantangan yang keras tidak bersifat abadi, tapi orang yang berhati keras dan kukuh bisa.

  1. Saya akan mencoba melihat apa yang masih saya miliki sesudah kehilangan yang lainnya. Saya akan kumpulkan semua kekayaan dan membuat dasar emosional dan keuangan yang lebih kecil tapi kuat. Misalnya, mengontrakkan rumah tinggal lalu tinggal di rumah kontrakan yang lebih kecil sehingga masih ada anggaran yang bisa diputar.

  1. Saya akan terus menumbuhkan sikap optimistis saya dengan mengingat kenangan-kenangan positif. Kita semua punya kenangan menyenangkan yang mungkin terlupakan karena kesibukan kita. Ingat-ingat kembali terutama di saat Anda bisa mengatasi kesulitan di masa lalu. Coba pelajari kembali dan hal ini akan menimbulkan kekuatan ke dalam diri kita.

  1. Bersikap tenang, rileks, sambil berpikir menyusun strategi. Di saat susah, jangan mengambil tindakan untuk sesuatu yang tak bisa diubah. Keputusan yang diambil terburu-buru dan tindakan cepat tanpa berpikir panjang hanya akan memperburuk situasi.

  1. Belajar bereaksi secara positif. Percaya bahwa setiap bekas luka bisa menjadi bintang jasa. Pemikiran positif menghasilkan sesuatu yang positif pula. Pikiran negative selalu membawa hasil negative.

  1. Percaya bahwa hidup dan dunia ini penuh dengan kemungkinan. Kita bisa memperbaiki masa depan jika kita menentukan tujuan yang jelas. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan ini. Dan bekerja lebih keras disbanding sebelumnya.

  1. Mulai dengan tindakan kecil tapi pemikiran besar. Hal-hal kecil yang dikerjakan dengan baik jauh lebih bermanfaat disbanding cita-cita besar yang hanya jadi impian. Jangan mencoba mencapai tujuan besar hanya dalam waktu semalam. Ambil langkah-langkah kecil dan terus maju sambil terus memperhatikan tujuan akhir yang ingin dicapai agar tidak kehilangan arah. Kita dapat membentuk masa depan kita sampai mendapatkan hasil.

  1. Selalu berperilaku positif dalam menghadapi masalah, kegagalan dan kehilangan. Katakan, selalu masih ada waktu untuk memperbaiki kegagalan dan mengubahnya menjadi keberhasilan.
 Sumber info : Aura Edisi 29/Th. X/ Minggu ke-1 / 2-8 Agustus 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar".

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.