Kamis, 11 Oktober 2012

Tips Menguatkan Tulang dengan Buah dan Sayuran





Buah dan Sayuran Menguatkan Tulang


Menurut sebuah studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition, banyak makan buah dan sayuran dapat menguatkan tulang, tapi kebanyakan orang tidak mendapatkan 5 saji atau lebih buah dan sayuran dalam sehari. Tim periset menemukan, perempuan dewasa dan lanjut usia dengan intake buah dan sayuran yang lebih tinggi mempunyai tulang yang lebih padat disbanding yang tidak makan buah dan sayuran.

Para periset mengamati catatan harian makanan para partisipan dan focus pada konsumsi buah dan sayuran. Kacang-kacangan ditambahkan pada kategori buah dan kentang tidak dimasukkan ke dalam sayuran. Studi menemukan, hanya ¼ dari perempuan dewasa, 38% perempuan muda, dan 50% lanjut usia yang memenuhi jumlah saji yang disarankan.

Pengertian 1 Saji
  • Satu saji (serving) buah dan sayuran harus muat dalam satu telapak tangan. Jauh lebih sedikit dari yang kita bayangkan.
  • 1 gelas kecil jus buah atau sayuran 100% atau ¾ cangkir.
  • 1 buah kecil pisang
  • 1 buah ukuran sedang apel
  • ½ cup cup sayuran matang
  • ½ cup buah atau sayuran potong
  • ¼ cup buah yang dikeringkan
Sebagai contoh, jika Anda minum 1 gelas jus jeruk 100% (100% orange juice) dan sebuah pisang untuk sarapan pagi, 1 piring salad untuk makan siang, 1 buah apel untuk snack, dan 1 saji sayuran, Anda sudah memenuhi kuota 5 saji sehari buah dan sayuran.

Faktor lain
Diet bukan satu-satunya factor yang dapat mempengaruhi kepadatan tulang. Merokok dapat melemahkan tulang sedangkan aktivitas yang memberikan beban pada tubuh dapat menguatkan tulang. Orang-orang yang banyak makan buah dan sayuran memang mempunyai diet yang lebih baik secara keseluruhan yang dapat membantu menguatkan tulang.

(Sumber: The American Journal of Clinical Nutrition, Juni 2006; Vol 83: pp 1420 – 1428. 5aday.gov; ‘What’s a Serving?’ Lanham-New, S. The American Journal of Clinical Nutrition, Juni 2006; Vol 83: pp 1254 – 1255; webmd)

Sumber info : Aura Edisi 29/Th. X/ Minggu ke-1 / 2-8 Agustus 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar".

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.