Jumat, 28 September 2012

Tips Merawat AC Mobil



Langkah Praktis Merawat AC Mobil 

 Bagi Anda para pengendara kendaraan bermotor yang seringkali harus menembus kepadatan jalan raya ibukota, tentunya fungsi Air Conditioner (AC) sangat penting. Nah, agar  Air Conditioner (AC) bisa memberikan kenyamanan terus-menerus kepada pengemudi dan penumpang mobil, tentunya kita harus melakukan perawatan secara teratur.

Berikut langkah praktis yang mungkin bisa Anda jadikan panduan untuk merawat kondisi AC kendaraan Anda.

1.    Perhatikan rentang waktu dimana perawatan atau service AC sebaiknya dilakukan antara 8 hingga 12 bulan sekali. Namun tidak menutup kemungkinan juga jika perawatan dilakukan lebih sering, tergantung kondisi AC serta tingkat pemakaiaanya.

2.   Perhatikan tanda-tandanya, indicator AC sudah waktnya diservis adalah suhu yang dihasilkan tidak sedingin sebelumnya. Penyebabnya biasanya adalah evaporator mulai kotor. Ciri lainnya, muncul bau tidak sedap yang keluar dari kotoran evaporator.

3.  Sebelum memutuskan untukmembongkar AC, sebaiknya periksa dulu system sirkuit AC. Evaporator adalah target utama untuk dibersihkan karena kerap kotor. Selain itu, juga harus dilakukan penambahan oli untuk kompresor. Biasanya komponen yang wajib diganti setiap servis adalah dryer karena cara kerjanya sama dengan filter bensin.

4.  Jika mobil tidak dipakai selama sebulan, mesin sebaiknya dihidupkan (dipanaskan) dan AC diaktifkan.Tujuannya, untuk menghindari pengendapan oli di kompresor. Pasalnya, pada kondisi tersebut bila AC dihidupkan akan terjadi gesekan pada permukaan komponen kompresor yang saling bersentuhan. Karena terlalu sering biasanya akan merusak kompresor!.

Sumber info:  kompas otomotif.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar".

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.