Jumat, 28 September 2012

Tips Berlibur ke Daerah Pantai

Tips Berlibur ke Daerah Pantai



1.     Kenalilah terlebih dahulu karakter daerah pantai yang akan dilalui, daerah-daerah selatan Indonesia umumnya mempunyai banyak lintasan pasir dan karang,sedangkan di daerah utara pulau Jawa umumnya terdiri dari daerah rawa-rawa karena pengaruh laut Jawa yang tidak terlalu besar bagi geomorfologi utara Jawa.

2.      Minumah terlebih dahulu obat anti malaria karena daerah pantai umunya merupakan daerah yang rentan terhadap nyamuk.

3.   Bawalah perlengkapan yang sesuai untukmedan pantai misalnya, sunblock,topipenutup kepala yang lebar. Untuk perbekalan dapat membawa buah-buahan atau minuman yang segar, gunakan sepatu yang lebih kuat dari kemungkinan rusak oleh air.

4.       Waspada jika medan yang ditemui adalah batu karang, karena ombak bisa datang dan menyeret kita.

5.    Jika berjalan didaerah rawa,usahakan untuk bisa melihat ke arah laut atau pun berjalan dan menginjak kayu-kayu dari pohon bakau,usahakan tetap memiliki acuan jalan (bisa melihat ke sebuah titik acuan), jika Anda ragu-ragu berjalanlah dengan sudut kompas.

6.    Berhati-hatilah saatmenyeberangi sungai, orang pertama yang menyeberangi selalu mengaitkan dirinya dengan tali atau pun membawa pelampung, jika ingin melambung ke arah hulu sungai pastikan Anda tidak terlalu jauh ke arah daratan agar mudah kembali ke pantai. Bisa dicoba juga membuat rakit dari kayu atau batang pisang, perhatikan arus sungai.

7.   Usahkan berjaan di medan pasir yang agak basah, lintasan pasir kering biasanya lebih berat dilalui, kecuali lapisan pasirnya padat, lapisan pasir yang berwarna kehitaman, padat dan agak basah biasanya dapat dijalani lebih cepat.

8.  Gunakan sepatu! Karena benda ini akan melindungi kaki Anda dari banyak bahaya di pantai, hindari pemakaian sendal jepit karena mudah lepas, sulit dipakai berjalan dimedan pasir kering, dan tidak dapat melindungi kaki secara keseluruhan.

Sumber info: Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar".

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.