Jumat, 28 September 2012

Tips Mengatasi Insomnia (Sulit Tidur)





Tips Mengatasi Insomnia


Sebagian manusia pasti pernah mengalami  insomnia atau gejala kesulitan tidur yang berulang yang akan diikuti gangguan fungsional saat bangun. Banyak orang yang mengalami gangguan tidur ini menjadi stress karena tidur merupakan faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh.

Selain menguras energy karena kurang istirahat, akan menguras pikiran dan mempengaruhi suasana hati karena merasa tidak tentram. Akibatnya, orang yang menderita insomnia rentan diserang penyakit,dan tidak bisa berkonsentrasi melakukan kegiatan sehari-hari.

Bagaimana? Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut? Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi insomnia: 

1.       Tenangkan pikiran
Tumpukan pekerjaan di kantor atau tekanan dari atasan menjadi beban yang dibawa sampai ke rumah, bahkan sampai tempat tidur, sehingga kita merasa stress dan banyak pikiran. Belum lagi ditambah masalah keluarga dan pribadi yang setiap harinya pasti mendatangi kehidupan seseorang. Hal-hal seperti ini menjadi salah satu penyebab kita tidak bisa tidur dengan nyenyak bahkan menjadi tidak bisa tidur sama sekali, atau mengalami gangguan insomnia. Untuk itu, cobalah menjauhkan segala bentuk masalah ketika Anda sampai di atas tempat tidur. Lepaskan beban pikiran Anda, sehingga otak dapat berkonsentrasi untuk beristirahat sejenak.

2.       Pilih-pilih makanan dan minuman yang tepat
Di atas jam tujuh malam, hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol atau kafein, karena akan menyebabkan Anda sulit tidur. Pilihlah minuman seperti teh, cokelat hangat atau susu yang bisa membuat badan rileks dan mengantuk. Sedangkan untuk makanan, perbanyak konsumsi makanan produk hewani, misalnya, keju, daging, atau ikan. Makanan tersebut mengandung tryptophan, yaitu jenis asam lemak yang menghasilkan serotonin dan dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak.

3.       Buatlah Suasana Kamar tidur senyaman mungkin
Kenyamanan kamar juga menjadi faktor yang harus mendapat perhatian. Bagaimana Anda bisa tidur enak jika kamar berantakan dan kotor? Untuk itu tatalah kamar menjadi singgasana terindah Anda, dengan barang yang tertata rapi, tanpa debu, dan pasang sprei yang berwarna soft dan motif sederhana yang memberikan efek tenang pada diri Anda. Jika Anda tidak suka tidur dalam keadaan gelap, Anda bisa memasang lampu duduk sebagai pengganti.

4.       Konsultasikan dengan Dokter  Ahli
Jika beberapa cara di atas tetap tidak bisa menyembuhkan kesulitan tidur Anda, coba konsultasikan ke dokter  ahli, jangan biarkan Anda terlarut dengan terbukanya mata sepanjang malam, karena akan memberikan efek semakin buruk pada fisik ataupun psikologis Anda.

Sumber Info:  berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar".

Subscribe Here

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.